Ingin Pelihara Kucing di Rumah? Pilih Jenis Kucing dan Kiat Merawatnya Versi SehatQ

Ingin-Pelihara-Kucing-di-Rumah?-Pilih-Jenis-Kucing-dan-Kiat-Merawatnya-Versi-SehatQ
Foto dari Canva

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan manusia yang umum ditemukan di mana saja. Selain anjing, orang-orang memang suka merawat dan memelihara kucing sebab memiliki tampilan yang lucu dan menggemaskan. Kalau Anda berencana memelihara kucing, sebaiknya pertimbangkan kondisi dan cara perawatan agar terbebas dari bahaya bulu kucing. Apalagi Anda yang punya bayi, balita atau dalam kondisi hamil, maka perawatan hewan ini perlu diperhatikan lebih detail.

7 Jenis Kucing yang Cocok Dipelihara di Rumah

Di Indonesia, Anda mungkin sering menemukan kucing kampung yang memiliki ciri bulu pendek, motif loreng atau totol dan memiliki tubuh yang sedang. Tidak hanya kucing kampung saja, Anda juga bisa memilih beberapa jenis kucing yang cocok dipelihara di rumah. Apa saja, ya? Yuk, simak rekomendasi jenis kucing yang memiliki tampilan menggemaskan berikut!

1. Ragdoll

Ingin punya peliharaan kucing Ragdoll seperti milik penyanyi populer Taylor Swift, maka Anda bisa mulai memelihara kucing dengan bulu semi panjang yang punya bobot hingga 6 kilogram ini. Siap-siap saja si kucing akan mengikuti Anda ke mana saja dari pagi sampai malam, ya!

2. Maine Coon

Merupakan jenis kucing yang sangat diminati banyak orang sebab memiliki kepribadian yang ramah, suka bermain dan mengikuti kegiatan pemiliknya. Kucing jenis ini memiliki bentuk ekor yang cukup panjang dan berbulu lebat dengan bobot mencapai 13 kilogram.

3. Persia

Si kucing persia umum dijumpai sebagai hewan peliharaan favorit di Indonesia sebab memiliki bentuk wajah yang bulat, hidung pesek dan bulu panjang yang lebat.. Untuk kucing persia ras asli, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mencapai belasan juta rupiah, lho! Bila Anda ingin punya peliharaan manis dengan budget lebih murah, maka bisa memilih ras campuran yang sudah mengalami kawin silang dengan jenis kucing kampung atau ras lain.

4. Anggora

Selain kucing persia, salah satu kucing yang punya peminat cukup banyak di Indonesia adalah anggora. Ya, kucing ini memiliki karakteristik tubuh lebih besar, bulu panjang nan lebat dan telinga yang lebar. Kucing asli Turki ini telah banyak dikembangkan melalui perkawinan silang sehingga keturunan anggora bisa didapatkan dengan harga 500 ribuan saja, sedangkan ras asli memiliki harga mulai 1,5 juta rupiah.

5. Sphinx

Tidak hanya punya nama yang unik mirip Sphinx di Mesir, kucing sphinx punya ciri bentuk tubuh lebih ramping dengan bulu yang sangat pendek dan halus. Tentu perlu perawatan khusus untuk menjaga suhu tubuh si kucing tetap hangat selama Anda merawatnya di rumah. Selain itu, harga kucing sphynx mencapai angka 14 juta rupiah.

6. American Shorthairs

Masa hidup si kucing yang lama bisa menjadi salah satu alasan Anda memilih hewan peliharaan American Shorthairs. Toh, kucing ini lebih santai dan bisa bermain dengan siapa saja, khususnya anak-anak. Anda yang punya hewan peliharaan lain seperti anjing pun, tidak perlu cemas bila merawat si kucing ini.

7. Birman

Si kucing yang memiliki ciri khas warna bola mata yang biru terlihat sangat istimewa. Warna bulu yang putih dengan hidung coklat yang manis membuat si Birman sangat menawan.

Selalu rawat kucing dengan baik agar tidak menularkan penyakit akibat bahaya bulu kucing, misalnya kutu kucing, kurap, reaksi alergi, dan lain-lain. Selain memberikan nutrisi, Anda juga wajib melakukan vaksinasi rutin pada kucing. Jangan lupa untuk membersihkan kandang dan selalu mencuci tangan setelah membersihkannya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa bergabung dengan Forum Kesehatan dan konsultasi pada ahli terkait, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.