5 Tips Hemat Biaya Listrik Rumah Anda

5-Tips-Hemat-Biaya-Listrik-Rumah-Anda
Foto dari Canva

Tarif dasar listrik yang naik per 1 Juli 2022 membuat Anda wajib melakukan penghematan pemakaian listrik di rumah. Jangan sampai biaya listrik bulanan Anda terus meningkat sehingga beban pengeluaran rumah tangga semakin naik. Apalagi fenomena pandemi yang belum berakhir menjadi acuan untuk hidup lebih hemat dengan mengurangi konsumsi pemakaian listrik, ya! Kalau bisa mendapatkan promo PLN bulan ini demi menekan biaya pengeluaran rumah Anda lebih optimal, kenapa tidak?

Kiat Menghemat Pemakaian Listrik Bulanan

Supaya token listrik di rumah bisa bertahan lebih lama, maka Anda perlu membiasakan diri untuk hidup hemat. Salah satu jenis penghematan yang bisa Anda lakukan adalah mengelola pemakaian listrik di rumah. Berikut beberapa kiat menghemat pemakaian listrik bulanan di rumah Anda yaitu :

1. Mematikan lampu saat tidak digunakan

Anda bisa mematikan lampu di rumah saat tidak dipakai atau hindari menyalakan lampu pada siang hari. Memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari menjadi kunci untuk menghemat listrik rumah Anda, ya! Tidak hanya bisa hemat energi, Anda juga bisa mendapatkan manfaat pencahayaan alami yang lebih sehat dan ramah lingkungan.

2. Mengganti lampu rumah dengan jenis lampu LED

Guna menghindari pemakaian listrik bulanan Anda, cobalah mengganti lampu rumah yang biasa menjadi jenis LED. Pasalnya, lampu LED mampu menghemat listrik lebih baik dibandingkan dengan lampu biasa meski harga lampu LED memang lebih mahal.

3. Mencuci baju tanpa memakai fitur pengering

Bila Anda memiliki mesin cuci di rumah, sebaiknya usahakan mencuci baju 2 kali seminggu untuk mengurangi beban listrik. Mencuci baju tanpa memakai fitur pengering bisa menghemat pemakaian daya mesin cuci lebih rendah, lho! Anda bisa menghemat biaya listrik bulanan sebab promo PLN bulan ini bisa dimanfaatkan sampai bulan depan, bukan?

4. Bijak memakai alat elektronik rumah tangga

Supaya Anda bisa menghemat listrik lebih baik dengan biaya rendah setiap bulan, selalu bijak pakai alat elektronik rumah tangga. Misalnya Anda bisa membuat kopi pakai cara manual alih-alih memakai coffee maker elektrik, sesekali mencuci manual, matikan AC bila tidak digunakan, cabut kabel dari saklar bila tidak digunakan, dan lain-lain. Anda yang punya kebiasaan melakukan charging ponsel dan melepas ponsel saja, maka harus menghindari kebiasaan buruk ini.

Hal ini dikarenakan membiarkan kabel terpasang pada saklar terus menerus membantu pembengkakan pemakaian listrik. Pemakaian kabel yang terus terpasang memakan daya 1 watt per jam sehingga Anda bisa menghitung berapa daya yang terbuang sia-sia setiap hari.

5. Mengganti alat elektronik yang lebih hemat energi

Di era modern ini, Anda wajib mengganti alat elektronik yang memakan daya tinggi menjadi alat elektronik hemat energi. Misalnya televisi tabung menjadi televisi LED, kulkas dengan teknologi inverter yang lebih hemat energi dan lain-lain. Tentu Anda memang harus memiliki anggaran lebih untuk membeli peralatan elektronik kekinian yang dilengkapi teknologi hemat energi. Bila bisa menghemat pengeluaran listrik bulanan di rumah Anda, maka Anda harus mulai melakukan anggaran sejak sekarang, ya!

Dari beberapa tips menghemat biaya listrik bulanan di atas, maka Anda perlu mengaplikasikannya mulai sekarang. Manfaatkan informasi promo PLN bulan ini yang bisa membantu penghematan pengeluaran rumah tangga setiap bulan. Jangan lupa untuk mematikan semua alat elektronik bila tidak diperlukan untuk menghemat energi sekaligus menjaga mesin alat elektronik tidak overheat dan lebih awet. Kini Anda bisa menghemat biaya listrik bulanan baik di rumah atau lingkungan kerja, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.